Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Membahas tentang katuranggan perkutut satriya wirang. Katuranggan satiya wirang memiliki iri mati yang berada di ekor, ekor burung perkutut yang jumlahnya 16 lembar .jika ada burung perkutut memiliki jumlah ekor 16 jenis katurangganini namanya katuranggan  satriya wirang. Jenis katuranggan ini baik di pelihara meskipun namanya kurang baik, perlu di cermati terkadang nama baik belum tentu hoki, dan sebaliknya nama yang buruk belum tentu buruk.

Katuranggan satriya wirang, memiliki arti, katuranggan, itu katur dan angga, katur utu ucapan angga  itu badan, sedangkan satriya wirang , satriya yang maknanya seorang pemberani jujur dan selalu tepat janji, sedangkan wirang itu artinya malu, persaman kata yang lain atau dasa namanya ya itu isin.

Perlu saya jelaskan kenapa? jenis katuranggan satriya wirang  ini baik dipelihara !

Jenis katuranggan satriya wirang memiliki mkna yang dalam kehidupanya selalu mendapatkan cemoohan, hinaan tentang ketidak mampuanya memiliki harta, benda, terkadang masyarakat itu memandang dengan sebelah mata, mengira kehormatan itu di dapatkan hanya dari harta benda yang di miliki. Tulisan rahasia berada di katuranggan satriya mijil itu memberikan pitutur luhur bahwa manusia sebelum mendapatkan harta kekayaan perlu nebus dulu dengan penderitaan dan selalu berjalan di jalan yang benar, untuk mendapatkan kehormatan dan kebahagian tanpa mengorbankan teman maupun lawan, jiwa satriya selau berpegang pada pedoman –pedoman hidup yang berbudi pakarti yang luhur. Jiwa satriya malu jika mendapatkan harta benda, kekuasaan dengan cara yang tdk di benarkan oleh peraturan negara, peraturan adat, peraturan agama, maupun peraturan dari rasa kang tumata dan dan peraturan  rasa kang sejati.

Petuah katuranggan satriaya wirang, untuk mendapat kan kehormatan,maupun kebahagian, serta harta duniawi dibutuhkan tebusan yang mahal, tebusanya nandang wirang sakjroning laku, arti dari nandang wirang yaitu untuk menghadapi kenyataan hidup, yang serba kekurangan di hina di hujat karena menumpuknya hutang untuk menghidupi keluarga dan anak-anaknya agar bisa hidup dengan layak di kemudian hari. Makna yang luas dari satriya wirang yaitu malu melakukan hal-hal yang tidak baik dan selalu menjujung tinggi nilai nilai etika yang berbudi luhur. Dari kekuatan mental menghadapi suatu kenyataan kepahitan dalam hidup di kemudian hari akan merasakan manisnya kehidupan. Hal yang perlu disadari bahwa penderitaan di dunia ini tidak abadi begitu pula kebahagian juga tdk abadi. Berbahagialah yang saat ini baru menderita kebahagian di depan sudah menanti, disaat baru bahagia di dalam aturan rasa kang tumata tidak di benarkan memberikan penderitaan kepada orang lain, bahkan menghina, maupun menghujat, agar tidak jatuh lagi ke jurang penderitaan.

Tip agar hidup indah di awal indah di akhir,..mengutip dari kata-kata jangka jaya baya, dalam menjalani hidup itu kudu ; tansah eling lan waspada, yang artinya selau berhati hati agar tidak terjatuh ke jurang duka dan derita. Kesalahan manusia yang sering tidk disadari yaitu mengulangi kesalahan yang sama.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.