Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Mitos Katuranggan Satriya Pinayungan-Kalam Wadi

Dalam tradisi jawa apa bila belum memilik icuriga, kulkila, turangga, wisma, dan garwa itu belum lengkap dalam menjalani hidup didunia ini, tradisi ini ada pada jaman dahulu. Di jaman yang serba moderen ini adat seperti ini sudah jarang sekali ada. Kulkila itu burung untuk burung masih banyak yang memelihara, curiga itu keris untuk era sekarang juga masih banyak yang mempunyai, turangga itu kuda, untuk jaman sekarang meskipun ada itu sudah jarang sekali, untuk garwo artinya itu seorang istri dan wisma itu rumah, jaman dulu belum bisa dikatakan pria sejati apa bila belum memiliki ke lima hal tadi.

Katuranggan burung perkutut itu jumlahnya tidak terhingga sama dengan jumlah dedaunan yang berada di kebun rumah. Banyak sekali bahkan milyaran jumlah katuranggan yang belum di ketahui namanya saya hanya akan membahas katuranggan hanya akan membahas katuranggan-katuranggan yang sudah saya ketahui aja menurut dari sumber mbah saya dan dari sumber sumber yang lain. Desa mawacara negara mawa tata setiap daerah atau tempat itu memiliki karakter yang berbeda, tentang katuranggan perkutut juga akan berbeda terkadang burungnya itu satu jenis tetapi namanya berbeda beda, dalam istilah dalam bahasa jawa dinamakan dasa nama atau nama dasa itu sama saja yang artinya satu bentuk atau wujut memiliki sepuluh nama.

Perkutut katuranggan satriya pinayungan adalah jenis burung perkutut yang memiliki ciri mati yang berada di kepala, di atas kepala tumbuh bulu putih bisa satu lembar bahkan bisa lebih. Katuranggan satriya pinayunagan memiliki arti satriya itu sifat sesorang yang memiliki tanggung jawab esar dengan apa yang sudah di ucapkan dan sesuatu yang sudah menjadi keputusanya. Memiliki jiwa yangbesar berani membela ketidak kebenaran dan keadilan dan berani membela keluarga untuk mendapatkan keadilan. Sedangkan pinayungan itu artinya terlindungi.

Mitos memelihara katuranggan burung perkutut satriya pinayungan, akan mendapatkan leselamatan dari segala mara bahaya yang akan menimpa si pemilik misalnya bahaya dari gangguan gangguan roh jahat, dan pengurah ilmu guna-guna santet dan teluh serta bahaya-bahaya kecil yang akan menimpa.

Tulisan rahasia yang bisa dibaca dari katuranggan satriya pinayungan:

Yang sudah memelihara burung katuranggan satriya pinayungan dalam menjalani kehidupannya itu memiliki jiwa kasatria dan akan selalu mendapatkan perlindungan langsung dari Tuhan Yang Maha Esa. Bulu  putih yang tumbuh di atas kepala itu memberikan arti untuk selalu berpikiraran positip, selalu berprasangka baik, memiliki kesadaran tinggi untuk memecahkan segala masalah yang ada dan dalam pengambilan keputusan selalu bisa diterima dari semua pihak.

Jiwa satria itu tidak akn pernah putus asa dalam menghadapi segala kesulitan yang ada,jiwa kasatria akan mempertahan kan pendapatnya dengan argumen argumen yang bisa diterima oleh nalar akal pikiran,  jiwa kasatri tidak akan malu mengakui segala kesalahan yang sudah di lakukan dan rela dihukum untuk menebus segala kesalahan yang sudah dilakukannya.

Kriteria sifat kasatriya sejati memiliki prilaku, selalu memandan dengan pandangan yang benar, selau konsentrasi dengan benar setiap melakukan segala hal kegiatan dalam hidup, tdk suka mengingkari apa yang sudah menjadi ucapannya, dan jika melakukan suatu pekerjaan untuk mencari nafkah keluarga dikerjakan dengan cermat dengan tidak meninggalkan aturan aturan kebenarann yang sudah menjadi ketetapan Yang akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Ukuran kebenaran itu dimana hati, pikiran, perasan itu menyatu tanpa ragu untuk mengambil sebuah keputusan yang tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Dengan memiliki jiwa kasatriya baru akan mendapat kebahagian di awal kebahagian di tengah dan kebahagian di akhir, yang akan menghantarkan ke pantai sebrang yang artinya kebahagian abadi.

 

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.