Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

TEKNIK MEDITASI MENGENAL DIRI PRIBADI

meditasi

Kata meditasi mengandung banyak makna dalam kehidupan ini. Bermacam macam untuk melakukan tujuan meditasi. Ada meditasi yang bertujuan untuk mencapai hal-hal yang bersifat duniawi misalnya untuk mencari kesaktian, untuk mencari kesembuhan, untuk bisa melihat alam gaib, ada juga yang mempunyai tujuan untuk spiritual untuk mencapai atau menyatu dengan prinsip-prinsip yang di anggap tinggi seperti Tuhan, Nirwana,Mokhsa, Alam semesta, dan sebagainya. Pada umumnya meditasi bisa di artikan cara belajar pemusatan perhatian dengan konsentrasi pada suatu obyek obyek tertentu. Misalnya dengan konsentrasi melihat keluar masuknya udara di hidung, menggunakan visualisasi yang di ciptakan oleh pikiran ada pula yang beerkonsentrasi selalu mengulang kata – kata(mantra), ada juga yang berkonsentrasi menggunakan obyek jantung dan banyak teknik – teknik yang di gunakan sebagai obyek meditasi. Semua ini dilakukan dengan waktu proses yang lama, dengan harapan bisa mencapai apa yang di inginkan. Dengan demikian sifat umum dari kebanyakan jenis meditasi adalah suatu pecapaian, yang tentu saja di pahami akan tercapai di masa depan.

Untuk tahap awal belajar meditasi. Meditasi harus dilakukan di tempat yang sepi, hal ini bisa membantu memusatkan perhatian secara kusus pada tugas yang ada dan menghindari gangguan- gangguan pikiran dari rangsangan luar. Cobalah mencari tempat dimana anda tidak akan terganggu selama meditasi, baik meditasi selama lima menit ataupun tipuluh menitsudah cukup untuk pemula. Untuk mendapatkan suasana yang nyaman pilihlah tempat yang terbuka dan sepi jauh dari kebisingan, misalnya di kebun, di halaman , di kuburan, bisa juga di pinggir sungai yang airnya mengalir gemricik, atau di bawah pohon yang besar, yang fungsinya untuk bisa mengumpulkan energi alam yang positif.

Hal yang perlu dipahami bahwa tempat meditasi tidak harus di tempat yang sepi dimanapun kita berada bisa melakukan meditasi di keadan ramai apapun gaduh bisa dilakukan meditasi istilah jawa “yen sepi ora kesepen yen rame ora keramen” untuk mencapai meditasi yang sukses jangan pernah menentang pikiran iku ti kemana arah pikiran dan sadari proses perpindahan pikiran sadari dan sadari sapai mencapai keheningan, jangan menilai pikiran ini salah dan jangan menilai pikiran ini benar cukup sadari saja, karena pikiran itu juga bagian dari hidup kita butuh di mengerti dan di hidupi serta di pahami, kenapa pikiran selalu datang? Karena pikiran sepenuhnya belum di pahami. Dan artinya pikiran tidak untuk di tentang tetapi untuk dipahami. Padsa kenyataanya, menyadari dan memahami suara sura yang terdengaritu bisa membuat selaras energi yang kita serap. Setelah itu baru akan bisa dicapai antara perbedaan waktu setengah tidur setengah sadar dan pada akhirnya kita akan sampai pada tingkat keheningan yang murni dan penuh kesadaran bisa disebut juga “angalayaping ngaluyup”.

Bagi pemula yang baru mengenal meditasi, sangat penting untuk menghindari hal-hal yang menjadi pengganggu konsentrasi dari luar, misalnya gigitan nyamuk, suara telepon, suara anjing menggonggon, dan yang lain lainya.jika anda memilih untuk mendengarkan musik pilihlah musik yang nadanya lembut, agar tidak memecahkan konsentrasi anda. Pilihan lainnya adalah mendengarkan suara gemercik air di akuarium, karena suara gemercik air sangat bisa membantu andsa untuk masukmenenangkan pikiran.

Untuk mendapatkan kenyamanan dfalam meditasi kita juga perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang bisa membantu kita untuk rilek dan bisa masuk ke alam hening. Sebab salah satu tujuan utama meditasi itu untuk mendapatkan ketenangan pikir dan kedamaian jiwa, hal ini memang akan terasa sulit jika anda merasa tidak nyaman dalam bermedsitasi, untuk mendapatkan kenyamanan fisik dalam bermeditasi, anda bisa memakai pakaian yang longgar, untuk menca[ai keheningan bisa di rangsang dengan bantuan bau bauan yang harum di antaranya bau harum dupa, minyak dan berbagai macam bunga, dari rang sangan bau harum bisa membantu kita untuk mencapai ke keaadan hening.

Untuk mengawali belajar meditasi kita tetukan berapa lama untuk proses meditasi yang kita inginkan. Meskipun banyak orang yang berpengalaman dalam meditasi menyarankan dua sesi masing-masing selama tiga puluh menitseharinpara pemula bisa memulai dari lima menitn sekaali sehari.

Meditasi sebaiknya dilakukan secara teratur setiap harai dengan waktu yang sama, untuk waktunya bisa memilih tengah malam jam 24:00 atau habis jam 18:00 tidak harus lama minimal lima menit saja sudah cukup untuk pemula, ushakan menjalankan meditasi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan anda.

Jika anda sudah menentukan waktunya untuk memulai dan mengahkiri meditasi anda jangan fokus dan terpancang oleh waktu yang anda tentukan untuk berhenti karena bisa membuyarkan konsentrasi anda biarkan saja waktu terus berjalan dari sini kita akan di kenalkan dengan bebas ruang dan waktu. Sebagai catatan jika anda masih konsentrasi pada waktu anda belum terbebas dari oikiran anda.

Meditasi dilakukan dengan rilek dan santai jangan merasa terbebani bahkan menganggap meditasi itu sebuah kewajiban yang harus anda jalani. Lakukan dengan senang hati dan benar benar terbebas dari doktrin apapun. Untuk memulai meditasi boleh anda awali dengan doa, dan dilakukan dengan duduk bersila badan tegap pandangan tertuju kedepan konsentrasi di ujung hidung. Untuk perempuan dalam meditasi duduk diatas kedua kaki (timpuh). Selama jangka wangtu tertentu, dan lakukan secara rutin setiap harinya jangan takut gagal anda harus memperjuangkannya sampai berhasil “sapa kang tekun bakale katekan”.meditasi bisa dilakukan dengan mata tertutup dan dengan mata terbuka, untuk pemula lebih baik mencoba dengan mata tertutup, karena bisa membantu untuk mendapatkan fokus konsentrasi untuk menghindari rangsangan pengelihatan dari luar yang bisa mengganggu proses penenangan pikiran.

Pahami bahwa meditasi adalah sebuah perjalanan. Tujuan meditasi adalah untuk menenangkan pikiran, dan mendapatkan ketenangan batin, dan pada akhrnya mencapai dimensi rohani yang lebih tinggi, yang sering disebut dengan keberadaan diri. Tapi penting untuk disadari bahwa hal ini membutuhkan latihan bertahun-tahun untuk mendapatkan tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Meditasi adalah perjalanan sama mendaki gunung, dimana setiap langkah sepanjang jalan pencerahan akan membawa anda lebih dekat pada puncaknya.

Jika anda merasa kesulitan bermeditasi selama jangka waktu yang anda telah pilih, untuk sementara waktu cobalah dengan waktu yang lebih pendek.hampir semua orang bisa meditasi selama satu atau dua menit tanpa mengalami gangguan pikiran. Lalu, ketika lautan pikiran telah tenang, secara bertahap perpanjang sesi meditasi hinga waktu yang lebih panjang.

Apa yang anda lakukan dengan pikiran yang hening adalah terserah anda. Anda orang yang akan merasa bahwa saat yang baik untuk mengenalkanniat atau hasil yang di inginkan pada pikiran dibawah sadar. Sedangkan orang memilih istirahat di dalam keheninganyang dihasilkan dari meditas.untuk orang yang relijius,meditasi sering digunakanuntuk hubungan dengan Tuhan mereka dan mendapatkan pengelihatan.

Jika anda meditasi merasakan kelelahan, sakit atau hal lainnya, bahkan hanya tidak bisa rileks, hingga sampai pada keadan dimana anda telah gagal mencoba, cobalah melakukan sesuatau yang membuat bisa anda rileks, berjalan-jalan atau berlari, lalu mandi, karena semuanya akan meredakan ketegangan otot ataupun ketegangan pikiran,Lalu cobalah lagi untuk memulai meditaasi.

Jangan biarkan suara hati anda masuk melalui pintu belakang pikiran anda. Awasi, dan pahamiapa adanya tapi jangan mendengarnya apa lagi menilai dan menentangnya. Usahakan hati – hati tentang suasana hati dan pikiran anda ketika tidak sedang bermeditasi, anda mungkin memperhatikan bahwa anda merasa lebih tenang, bahagia, dan pandai pada hari – hari ketika anda telah melakukan meditasi.

Lakukan yang sesuai untuk anda, hal yang sesuai untuk orang lain mungkin memiliki teknik yang tidak sesuai dengan anda. Suatu kegagalan jangan membuat hati anda kecewa dan sampai menyurutkan semangat andsa untuk bermeditasi. Ingat meditasi dilakukan dengan benar – benar rileks tanpa ada tekanan dari manapun.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.